Tutorial ini akan menunjukkan cara mengirimkan situs Anda ke Yandex Webmaster Tools, bersama dengan file sitemap Anda. Pertama Anda harus memiliki file sitemap yang dibuat. Jika Anda belum melakukan ini, silakan lihat artikel saya di Cara Membuat File Peta Situs untuk Situs WordPress Anda atau Cara Membuat File Peta Situs untuk Situs Web HTML Anda.

Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://res.cloudinary.com/dimaslanjaka/image/fetch/https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/submit-website-to-yandex-1024x513.png

Yandex adalah mesin pencari Rusia. Mereka meluncurkan versi bahasa Inggris mereka di tahun 2011. Jika Anda mengandalkan lalu lintas global, dan bukan hanya lokal, sebaiknya kirimkan situs Anda kepada mereka.

Cara Mengirimkan Situs ke Alat Webmaster Yandex

Langkah 1

Pertama kita akan menuju ke situs Yandex Webmaster Tools . (http://webmaster.yandex.com/) Jika Anda tidak memiliki akun Yandex, Anda selalu dapat melakukan pendaftaran secara gratis.

Langkah 2

Setelah mendaftar, buka halaman situs http://webmaster.yandex.com/sites/ dan klik pada tombol “Add Site”.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/yandex-add-site.png

Langkah 3

Kemudian masukan domain Anda dan klik tombol “add”.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/yandex-add-domain.png

Langkah 4

Sekarang akan meminta Anda untuk memverifikasi situs Anda. Ada beberapa pilihan untuk dipilih. Saya sarankan pilihan opsi meta tag. Silakan salin tag meta.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/yandex-meta.png

Langkah 5

Jika Anda menjalankan WordPress, saya sangat menyarankan untuk menginstal plugin WordPress SEO.Setelah terinstal, turun ke bagian “SEO” dan klik di dasbor. Tempelkan tag meta Yandex Anda ke bagian Yandex dan klik “Simpan Setelan”.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/adding-yandex-meta-tag-in-wordpress.png
Anda bisa mengganti file header.php Anda di WordPress dengan membuka bagian “Appearance> Editor” dan mengklik file header.php Anda.Kemudian paste di tag meta Yandex setelah head tag. Kemudian klik “Save Settings.” (Saya sangat menyarankan untuk mencadangkan file header.php Anda sebelum mengeditnya)
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/adding-Yandex-meta-tag-in-WordPress-header.png
Jika Anda tidak menjalankan WordPress, cukup letakkan tag meta ke bagian header situs web Anda.

Langkah 6

Sekarang kembali ke Yandex, klik tombol “Check”.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/Yandex-check-verification.png

Langkah 7

Sekarang kita akan menambahkan file sitemap anda. Klik ke “Indexing Options” dan kemudian ke “File Peta Situs”. Masuklah ke lokasi file sitemap Anda dan klik tombol “Add”. Peta situs Anda kemungkinan besar terletak di akar URL Anda, misalnya http://brianleejackson.com/sitemap\_index.xml.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/yandex-add-sitemap.png

Langkah 8

Sama seperti Google Webmaster Tools dan Bing, ini akan menunjukkan status file sitemap. Saya selalu merekomendasikan menunggu satu atau dua hari sebelum melihat apakah peta situs Yandex Anda diproses dengan benar. Ini akan menunjukkan berapa banyak halaman / posting yang telah dikirim dan berapa banyak yang sebenarnya terindeks. Yandex sekarang akan secara otomatis merayapi file sitemap Anda secara teratur.
Cara Menggunakan Alat Webmaster Yandex | WMI - https://cdn.woorkup.com/wp-content/uploads/2013/09/yandex-processing.png
Juga pastikan untuk memeriksa posting saya saat mengirimkan file sitemap ke Google dan Bing.
Seperti biasa merasa bebas untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini!