Akses Jarak Jauh

Termux FTP SSH Client
Cara akses FTP SSH client di termux

Termux mampu mengakses perangkat jarak jauh dengan menggunakan beberapa alat umum. Hal ini juga memungkinkan untuk mengubah perangkat yang menjalankan Termux menjadi server yang dikendalikan dari jarak jauh.

FTP

Termux menyediakan server FTP ringan sehingga Anda dapat mengelola file Anda melalui koneksi jarak jauh. Server FTP disediakan oleh paket busybox, jadi Anda tidak perlu menginstal apa pun.


Untuk memulai server FTP, Anda harus menjalankan `ftpd` melalui` tcpsvd`:

  $ tcpsvd -vE 0.0.0.0 1024 ftpd /

Perintah yang ditunjukkan di atas akan memulai server FTP pada port 1024 dari direktori root (`/`).

Secara default, ftpd dimulai dalam mode read-only, misalnya Anda hanya dapat mengunduh file atau melakukan daftar direktori. Jika Anda ingin mengunggah file, ftpd harus dimulai dengan cara ini:

  $ tcpsvd -vE 0.0.0.0 1024 ftpd -w /

Kemudian Anda dapat terhubung ke Termux dari perangkat lain. Contoh untuk menghubungkan ke Termux dengan klien baris perintah FTP (dari PC):

  $ ftp 192.168.1.3 1024


Anda tidak harus memulai FTP pada port lebih rendah dari 1024 jika tidak ini akan menghasilkan pesan kesalahan berikut:

  tcpsvd: bind: Permission denied


Peringatan keamanan : server FTP ini hanya mendukung login anonim, jadi tidak ada otentikasi dan siapa pun dapat terhubung ke perangkat Anda dan melakukan hal-hal buruk.Gunakan hanya di jaringan Anda sendiri atau gunakan SFTP sebagai gantinya.

SSH

SSH menyediakan cara aman untuk mengakses host jarak jauh dan mengganti alat seperti telnet, rlogin, rsh, ftp. Termux menyediakan SSH melalui dua paket: dropbear dan openssh . Jika Anda tidak pernah menggunakan alat ini sebelumnya, disarankan untuk menginstal 'openssh' karena lebih umum.

Menggunakan klien SSH

Bagian ini tidak lengkap . Tolong bantu untuk memperbaikinya.


Dengan menginstal paket openssh (dengan mengeksekusi apt install openssh), Anda dapat SSH ke sistem remote, secara opsional menempatkan kunci pribadi atau konfigurasi di bawah $ HOME / .ssh /.

Jika Anda ingin menggunakan agen SSH untuk menghindari memasukkan kata sandi, paket OpenGL Termux menyediakan skrip pembungkus bernama ssha (perhatikan 'a' di bagian akhir) untuk ssh yang:

  1. Mulai agen ssh jika perlu (atau hubungkan ke sana jika sudah berjalan).
  2. Jalankan ssh-add jika perlu.
  3. Jalankan ssh dengan argumen yang disediakan.

Ini berarti bahwa agen akan meminta kata sandi kunci saat pertama kali dijalankan, tetapi ingat otorisasi untuk operasi selanjutnya.

Menggunakan server SSH

Server sshd disertakan dalam paket openssh dan memungkinkan Anda untuk terhubung ke perangkat Android Anda melalui ssh.

Jalankan server dengan mengeksekusi `sshd` (yang akan memulainya di port default 8022) dan jalankan` logcat -s 'syslog: *' `untuk melihat log output dari proses server.Jalankan `pkill sshd` untuk menghentikan server.

Karena Termux adalah sistem single-user Anda dapat terhubung sebagai pengguna manapun - terlepas dari nama pengguna yang Anda tentukan, Anda akan masuk sebagai satu-satunya pengguna Termux yang tersedia.

Termux sshd binary tidak mendukung login kata sandi, jadi kunci harus diotorisasi dalam `~ / .ssh / authorized_keys` sebelum menghubungkan. Gunakan `ssh-keygen` untuk menghasilkan yang baru jika diinginkan.

Menggunakan SFTP

Paket OpenSSH menyediakan alat untuk mengakses host remote melalui SFTP. Ini akan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan file dengan cara yang sama seperti melalui FTP tetapi dengan keamanan yang lebih baik.


Menghubungkan ke Termux (sshd listening on port 8022):

  $ sftp -P 8022 192.168.1.20


Menghubungkan ke tempat lain (sshd listening pada port standar):

  $ sftp sftp.example.com


Namun, untuk menggunakan klien SFTP baris perintah, Anda harus mengetahui beberapa perintah dasar:

  • cd PATH - ubah direktori saat ini menjadi 'PATH'.
  • get REMOTE [LOCAL] - unduh file 'REMOTE' dan beri nama sebagai 'LOKAL' (opsional).
  • mkdir PATH - buat direktori 'PATH'.
  • ls [PATH] - daftar file dalam direktori 'PATH'. Jika tidak ada argumen, file dalam direktori saat ini akan terdaftar.
  • put LOCAL [REMOTE] - Upload file 'LOCAL' dan beri nama 'REMOTE' (opsional).
  • rm FILE - Hapus file 'FILE'.

Ini bukan daftar lengkap perintah SFTP. Untuk melihat semua perintah yang tersedia, pertimbangkan untuk melihat halaman manual (`man sftp`) atau melihat bantuan singkat dalam sesi SFTP interaktif dengan mengeluarkan perintah` help`.